Karena terjadinya proses Oksidasi membuat perhisan perak kelihatan buram dan timbulnya semacam kerak dipermukaan perak tersebut.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya proses oksidasi, misalnya perhiasan perak di simpan didalam almari dalam waktu yang lama sehingga udara yang bercampur dengan unsur unsur kimia seperti cat , varnish dan lain sebagainya yang mempengaruhi udara didalam almari tersebut,

atau perak terkena langsung dengan zat lain pada saat kita gunakan seperti parfum, belerang pada saat kita mandi air panas dari sumber alam, atau mandi dengan sabun sulfur untuk mengurangi jerawat yang banyak dijual dipasaran, air laut atau zat-zat yang lainya, bahkan keringat kita dapat juga membuat perhiasan perak menjadi berubah atau karena proses oksidasi tersebut.

Kadang kita dapati perhiasan perak satu dengan yang lainya berbeda didalam proses oksidasinya atau yang sering konsumen mengeluh misalnya “ kok cincin saya yang satu ini lebih cepat berubah warnanya dan kalau dicuci atau dibersihkan tidak kembali lagi seperti semula dibandingkan dengan cincin perak saya yang satunya” hal ini disebabkan kadar prosentase campuran perak didalam perhiasan tersebut, semakin besar kandungan peraknya semakin baik dan membuat perhiasan tersebut tidak mudah berubah warna, namun kelemahanya membuat perhiasan tersebut menjadi lebih lentur, sehingga malah lebih mudah “penyok” atau berubah bentuk.

Berikut cara mudahnya  :

  1. Metode lama yaitu dengan cara dicuci dengan sabun cuci piring atau dengan bahasa jawa “klerek” atau dengan pembersih yang mengandung baking soda, seperti pasta gigi. Ambil perhiasan perak yang sudah lama tidak dipakai, lalu oleskan odol atau pasta gigi pada permukaan perak atau  cuci dengan sabun pencuci piring lalu sikat perlahan-lahan (bisa menggunakan sikat gigi bekas) terakhir bilas dengan air bersih.
  2. Bisa juga dengan memasukkan perhiasan perak dalam air yang baru direbus. Tambahkan satu sendok baking soda (Na2CO3), garam (NaCl) dan sepotong kertas aluminium. Diamkan selama kira-kira 15 menit. Lalu bisa dikeringkan dengan kain lembut yang kering.

Selamat mencoba…:)